-->

Tembus 8.425 Permohonan, MPP Pematangsiantar Buktikan Komitmen Layani Masyarakat

Sebarkan:

 

Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pematangsiantar yang berada di Ramayana Departement Store Jalan Sutomo, telah mencatatkan 8.425 permohonan masyarakat sejak diresmikan pada Agustus 2024 hingga 31 Desember 2024. Putra P / Hastara.id
PEMATANGSIANTAR, HASATARA.ID - Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pematangsiantar yang berada di Ramayana Departement Store Jalan Sutomo, telah mencatatkan 8.425 permohonan masyarakat sejak diresmikan pada Agustus 2024 hingga 31 Desember 2024.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Pematangsiantar, Sofie M Saragih, menjelaskan bahwa angka ini menunjukkan antusiasme dan kebutuhan masyarakat akan layanan publik yang terintegrasi. Meskipun demikian, Sofie menekankan pentingnya evaluasi berkala untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di MPP.

"Monitoring dan evaluasi penyelenggaraan MPP perlu dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi penyelenggaraan MPP; meningkatkan pelayanan publik di Pematangsiantar, dan sarana diskusi antar instansi," kata Sofie pada Jumat (30/1/2025).

Ia menuturkan dengan adanya MPP Kota Pematangsiantar bukan sekadar ada. Sebab yang penting adalah keberlanjutan/kontinuitas dan komitmen MPP untuk terus berlanjut dan meningkatkan pelayanan.

“Seluruh layanan terintegrasi, dan masyarakat tidak terkendala dalam pemenuhan kebutuhannya,” sebutnya.

Dilanjutkannya, MPP bukan hanya tempat mengurus administrasi, namun menjadi simbol perubahan paradigma pelayanan publik kepada masyarakat serta didukung pelayanan berbasis teknologi cepat, tepat, dan canggih.

“Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan semakin tinggi. Kita (Pemerintah daerah) sebagai pelayan publik  harus berinovasi sesuai kebutuhan zaman,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada Rabu (22/1/2024) lalu, Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga gerai yang paling banyak dikunjungi masyakrakat. Ketiga gerai tersebut yaitu: BPJS Kesehatan dengan 2.470 pengunjung; Bank Sumut dengan 1.776 pengunjung; dan Dinas PMPTSP (Perizinan) dengan 940 pengunjung.

"Dengan adanya MPP, di tahun 2024 Ombudsman RI memberikan nilai 92,5 untuk Tingkat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Kita berada di Zona Hijau dengan Kualitas Tertinggi atau nilai A,” kata dr Susanti.

Selain itu, kepada seluruh gerai juga diberikan apresiasi sebagai bentuk penghargaan atas kegiatan yang terselenggara di MPP Pematangsiantar. Gerai-gerai tersebut yakni: BPJS Kesehatan; Bank Sumut, Dinas PMPTSP; Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil); Dinas Kesehatan, serta Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD).

Kemudian, UPTD Samsat; Kantor Imigrasi; Kementerian Agama (Kemenag); BPJS Ketenagakerjaan; DJP/KPP Pratama; BNN; dan Polres Pematangsiantar. Selanjutnya, Dinas PUTR; Dinas Ketenagakerjaan; Perumda Air Minum Tirta Uli; ATR/BPN; PT Taspen; dan Kejari Pematangsiantar.

Ia menambahkan, kepada organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemko Pematangsiantar yang membuka gerai di MPP, dr Susanti menekankan agar memberikan pelayanan kepada masyarakat secara menyeluruh.

“Utamakan memberikan pelayanan menyeluruh di MPP. Mulai pendaftaran atau permohonan, hingga pengambilan produk,” pesan dr Susanti. (put)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini